About

http://ochabilla.blogspot.com

Sabtu, 20 Oktober 2012

INTROSPECTION


Assalamu’alaikum .
alhamdulillah wasyukurillah , washolatuassalamu’ala rosulillah . amma ba’du .
Entri kali ini agak berbeda dari entri sebelumnya , hihi ..tepatnya  di  hari ke-2 ramadhan tahun 1433 H , jadi tulisannya lebih ke religi .
tulisan ini ter inspirasi dari kitab BIDAYATUL HIDAYAH  karangan assyaikh Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad alghozali . dimana, setelah beberapa lembar mengkaji kitab ini . ocha tertarik dengan nasehat2 imam ghozali , untuk diposting .

Utlubul ilmi , itu sangat wajib dalam islam , namun sebagai orang islam kita juga harus mempunyai tujuan dan niat yang baik dalam menuntut ilmu . Kesalahan orang indonesia sekarang , memfonis para pencari ilmu belajar hanya untuk mendapatkan pekerjaan , apakan hal ini dilarang ? ya, dalam islam hal ini sangatlah dilarang . Karena ilmu itu sangatlah berharga ,jika kita menuntut ilmu untuk  mencari pekerjaan sama saja kita merendahkan ilmu , itu namanya menjual ilmu . Karena ilmu tidak dapat dibeli dengan uang ,ilmu itu sangat dan bahkan SANGAT MULIA . Ditegaskan lagi oleh imam ghozali yang diberi gelar HUJJATUL  ISLAM  , Bahwa “Jangan mencari ilmu hanya untuk menyombongkan diri,atau mendapatkan uang ” karena menurut beliau hal itu sama dengan Berjalan menghancurkan diri sendiri , ataupun menjual akhirat dengan dunia .
Terus bagaimana harusnya kita bersikap dalam menuntul ilmu ?

Di dalam mencari ilmu , kita tidak usah memikirkan , akan jadi apa kita nantinya ? atau kerja apa ?
boleh mempunyai cita-cita , tapi itu hanya sebuah MOTIVASI kita untuk terus belajar . Belajar kita niatkan untuk mendapatkan ridho dari Allah semata , dan untuk memperbaiki akhlak agar lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar